Follow Us

Band Yang tak ada kabar Esnanas

ESNANAS: Band Musik Dengan Rasa Menyegarkan!
Peronel Esnanas Band
Pada awal 2000-an di Jogja, nama band yang satu ini sudah tidak asing lagi. Setiap menyebut ESNANAS, penggila musik di kota budaya itu akan langung menunjuk ke sebuah band yang berisi empat orang anak muda dengan vokalis cewek. Tapi di level nasional, nama ESNANAS memang belum nyaring. Nama ESNANAS justru sering disebut 'gara-gara' Sheila on 7. Ketika main di Soundrenaline 2002, Anton, drummer S07 "menghilang" dan digantikan (sementara) oleh Kiki Marino, dramer ESNANAS. Orang kemudian sering menyebut Kiki ESNANAS. Dari situlah, nama band pengusung punk melodic ini mulai dikenal.

Meski dibentuk di Jogja, beberapa personil awalnya justru dari University of California, Amerika Serikat. Mereka terbentuk tahun 1995. Formasi awalnya adalah Dave Marino (gitar), Paul Martin (vokal), John Leys (vokal), Leo Napitupulu (gitar kelahiran 3 Agustus 1979), Kiki Marino (drums kelahiran 14 April, 1977), dan Anto (bass). Seperti band-band lainnya, mereka memainkan musik dari musisi yang mempengaruhi musiknya seperti Rancid, Red Hot Chili Pepper, Shelter, Sublime, Helmet, sampai Alanis Morissette. Sebenarnya mereka ngeband diseng-iseng mengisi waktu lowong cuti kuliah mereka.
ESNANAS juga sesekali manggung menggunakan vokalis cewek. Freelance vokalis, katanya. Namanya Vanessa Golding. Tak heran, kalau ESNANAS Band juga piawai melantunkan tembang-tembang Alanis misalnya.

Soal nama ESNANAS Band ini juga punya latarbelakang yang lucu. "Tidak ada arti spesial sih," jelas mereka. Tadinya karena ketika mencipta lagu, vokalisnya sering melantunkan suara seperti 'easy na..na..na' sampai akhirnya mereka sepakat 'mengindonesiakan' menjadi ESNANAS. "Yah anggap saja seperti es nanas, menyegarkan. Lagian kan gampang diingat," imbuh mereka serempak.

Meski sudah cukup dikenal di Jogja, mereka belum memutuskan untuk terjun serius di dunia musik. Mereka nge-band cuma untuk bersenang-senang dan bisa gila-gilaan di panggung. Tapi kemudian mereka berpikiran lain ketika punya penggemar yang tidak sedikit dan mulai dibayar untuk pementasannya.

Sayang, masa cuti berakhir. Yang sekolah di Amerika harus kembali. Alhasil, hampir enam bulan lebih ESNANAS benar-benar menghilang dari dunia musik. Nyaris dianggap bubar. Leo dan Kiki, dua personil yang tinggal di Jogja rupanya sudah kadung cinta bermusik. Mereka mengaudisi beberapa anggota baru dan siap ke panggung lagi. Formasi baru yang masuk adalah Rachel Vla (vokalis kelahiran 8 September, 1981), Yuyud Gabeller (gitaris 31 Desember, 1979), dan Doni J.R. (bas).

ESNANAS sempat juga masuk ke album Indie Ten 2 lepasan Sony Music Indonesia. Sayang, meski lagunya Kunang-Kunang klipnya bolak-balik di televisi, tapi nasib baik belum berpihak.

Usai album indie itu, Doni cabut (akhirnya jadi vokalis Seventeen, band Jogja juga). Masing-masing personil juga sibuk dengan proyek sendiri-sendiri, meski ESNANAS tetap berlatih. Mereka dibantu additional basis (kelak jadi personil tetap), Bryan Azhar.

Pada bulan Februari 2003 kontrak mereka dengan Sony musik resmi sudah selesai, dan mereka telah siap untuk merilis album mereka secara independen jika tidak ada label yang berminat untuk memproduksinya. Saat itu Brian Azhar (basis kelahiran 18 February 1977) telah resmi ikut dalam formasi band.

Desember 2003, mereka merilis album self titled dibawah bendera BMG Indonesia. Album ini melahirkan hit single Ex-Man
Kapanya Esnanas Band Akan keluarkan Album Baru
Di biasakan membeli Kaset CD yang Ori karena kwalitas suaranya lebih baik dan komplit sampul Album
Terima Kasih telah berkunjung ke Blog Musik Playlistindo jika ada link download yang mati mohon komen di bawah link download mp3 akan segera di perbaiki maturnuwun.
LIKE & SHARE

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Band Yang tak ada kabar Esnanas"

  1. mp3nya es nanas mana?

    ReplyDelete
  2. bvisa request blue savana ? sudah tenggelam juga tuh band asal semarang (tahun 2001)

    ReplyDelete
  3. herry @
    Bebek Cabul @

    Sabar ya lagi Mengumpulkan Bahan

    ReplyDelete
  4. Wah salah Mas... Band ini didirikan pertama kali th 1997
    John Leys (vokal),
    Dave Marino (gitar)
    Simbah (gitar ),
    Kiki Marino (drums ),
    Anto (bass)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry 1995. cuma pendirinya kelima orang tersebut.
      Banyak saksi. mereka manggung pertama di Univesitas Atmajaya Jogjakarta. Kemudian di UGM & beberapa tempat. pergantian personil krn adanya kesibukan personil tersebut

      Delete
  5. Kapan ini Band Manggung age? hehe

    ReplyDelete

Music Playlist indo tanya jawab? Silahkan Berikomentar Postingan Band diatas, tolong jangan Komen yang singkat dan Spam karena akan dihapus, beritahu kami apabila ada Link yang tidak berfungsi lagi Terima kasih