Follow Us

Kisah Rickenbacker dan Band Indonesia

Malam itu Satriyo gitaris sebuah band bernama Alexa, berdiri diatas sebuah ampli kecil, dengan berkacamata hitam dan mengangakat gitar Rickenbacker warna merah oranye kesayangannya, dari tangannya mengalir melodi melodi manis Alexa yang jauh dari kesan tua atau 'jadul' yang menjadi 'trade mark' gitar Rickenbacker.

Hal ini tidak berbeda dengan di the Changcuters, band Rock n Roll sedikit bodor yang lagi 'ngetrend' di kalangan anak muda saat ini, beraksi dengan bass Rickenbacker hitamnya.

Begitu juga dengan Gitaris Kuburan dan gitaris Nidji semua menggunakan Rickenbacker sebagai "peralatan tempurnya".

Sebenarnya tidak ada yang salah, cuma Rickenbacker kan identik dengan sound 'Jadul' dan gaya 'oldies' tapi band band tersebut tidak memainkan musik oldies/sound yang ke oldies - oldiesan. Sebenarnya Emil Naif juga menggunakan Rickenbacker, tapi mereka memang band penusung gaya retro jadi imagenya masih pas.

 

Saya inget benar ketika memainkan gitar Rickenbacker yang "real" tahun 2006 silam milik teman bernama Arief yang mendapatkannya dari Wahyu temannya anak band Moondogs, yang akhirnya saya mengetahui klo ternyata itu 'custom' tapi saya bangganya minta ampun! (karena selama ini cuma bisa liat yang asli dari video beatles live/youtube) .
sampai ngerasa "anjrrit, Beatles banget gue!"

Sampai akhirnya muncul band-band yang saya sebutkan diatas, awalnya kaget, wah! si Ariel nidji pake Rickenbacker! tapi akhirnya lama-lama mulai terbiasa melihat orang maen pake Rickenbacker.

Sebernya gimana sih cara orang-orang itu mendapatkan Rickenbacker?
Apa di Indonesia ada dealernya atau order dari luar? atau mungkin rakitan china? (terakhir saya mengetahui ternyata banyak ampli merk "Orange" dijual di Indonesia bertuliskan Made in China)

Dan sekarang melihat orang manggung menggunakan Rickenbacker sudah bukan sesuatu yang spesial, berimage jadul dan yang pasti udah gak bisa bilang "Wah Rickenbacker! Beatles banget lo!"
Di biasakan membeli Kaset CD yang Ori karena kwalitas suaranya lebih baik dan komplit sampul Album
Terima Kasih telah berkunjung ke Blog Musik Playlistindo jika ada link download yang mati mohon komen di bawah link download mp3 akan segera di perbaiki maturnuwun.
LIKE & SHARE

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kisah Rickenbacker dan Band Indonesia"

  1. Terima kasih Blognya sangat Bagus

    ReplyDelete

Music Playlist indo tanya jawab? Silahkan Berikomentar Postingan Band diatas, tolong jangan Komen yang singkat dan Spam karena akan dihapus, beritahu kami apabila ada Link yang tidak berfungsi lagi Terima kasih