Follow Us

Band Rock Pertama di Indonesia The Tielman Brothers

Siapakah nama band rock tertua di Indonesia?  Pasti yang ada dibenak kalian adalah Panbers (1969), Koes Plus (1960), The Mercys (1965), Band 4 Nada (1966), The Rollies (1967) dll. Tetapi tak banyak yang mengingat bahwa band rock tertua di dunia adalah The Tielman Brothers. Dan tahukah kamu bahwa band rock ini berasal dari Indonesia! Mari kita simak sejarahnya.
Band Rock Pertama di Indonesia The Tielman Brothers
Awal Karir Band Rock : Jauh sebelum The Beatles, The Rolling Stones, Elvis Presley, dll mulai muncul di awal tahun 60-an, di Surabaya – Indonesia sekitar tahun 1945 Andy Tielman (guitar,vocal), Reggy Tielman (banjo,guitar,vocal), Ponthon tielman (double bass,guitar,vocal), Loulou Tielman (Herman Lawrence)(drum,vocal) dan Jane Tielman (Janette Loraine)(vocal) resmi membentuk grup band yang diberi nama The Timor Tielman Rhytm Brothers.  Mewarisi talenta musik dari orang tuanya Herman Tielman dan Flora Lorine Hess,  mereka benar-benar memulai karir pada tahun 1956 dengan hijrah ke Breda, Belanda. Pada saat itulah Tielman Brothers pun menjadi printis musik Rock and Roll pertama di Belanda dan yang pada akhirnya mereka pun menciptakan “Indo-Rock”. Mereka begitu terkenal di Belanda dan negara – negara Eropa lainnya, namun sangat disayangkan nama mereka kurang  dikenal di Indonesia.
Band Rock Pertama di Indonesia The Tielman Brothers
Inspirasi Bagi Band Rock Tahun 60-an : Aksi mereka dipanggung bisa dibilang sangat aktraktif, seperti memainkan gitar dengan kaki, gigi, meloncat – loncat,dll.  Jika banyak orang yang terpukau dengan permainan gitar yang gila dari Jimi hendrix di tahun 60-an, maka semua teknik permainan seperti itu sudah lebih dulu diperkenalkan oleh Andy Tielman sang Frontman dari band ini. Disebut-sebut Tielman Brothers adalah inspirasi bagi band-band legendaris tahun 60-an .
The Beatles Fans Tielman Brothers : Pemain Bass The beatles, Paul McCartney adalah penggemar band ini dan menginspirasi terbentuknya The Beatles di awal tahun 60-an. Saat The Tielman Brothers manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers. Dan saat itulah untuk pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.
Akhir Karir Band Rock : Namun sangat disayangkan, di tahun 1976 band ini dikabarkan bubar karena boleh dikatakan permainan musik mereka terkesan mandek dan tidak ada perkembangan alias kurang eksploratif. Mereka bermain musik di tataran yang itu-itu saja, dan itulah yang akhirnya membuat publik menjadi bosan. Meskipun begitu, karya mereka sampai sekarang masih sangat digemari di luar negeri, terutama di Belanda.
Di biasakan membeli Kaset CD yang Ori karena kwalitas suaranya lebih baik dan komplit sampul Album
Terima Kasih telah berkunjung ke Blog Musik Playlistindo jika ada link download yang mati mohon komen di bawah link download mp3 akan segera di perbaiki maturnuwun.
LIKE & SHARE

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Band Rock Pertama di Indonesia The Tielman Brothers"

  1. adakah link downloadnya, saya mau menambah koleksi playlist saya. Terimakasih

    ReplyDelete

Music Playlist indo tanya jawab? Silahkan Berikomentar Postingan Band diatas, tolong jangan Komen yang singkat dan Spam karena akan dihapus, beritahu kami apabila ada Link yang tidak berfungsi lagi Terima kasih