Follow Us

Tips Bermain dan Belajar gitar

Punya hobi musik gak lengkap rasanya bila belum dapat memainkan alat musik seperti gitar yang terkenal yang dapat dijadikan teman pengiring semua jenis lagu yang ada di seluruh dunia dan akherat. Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya. Untuk belajar bass sebaiknya kamu belajar gitar terlebih dahulu, karea orang yang dapat bermain gitar otomatis dapat bermain bass, namun jika kamu dapat bermain bass gak otomatis dapat gitar. Kunci dan nada pada bass gitar gak jauh berbeda pada gitar, sehingga ada baiknya jika kamu belajar kunci dasar gitar dahulu. Selain itu kamu dapat menghemat uang, karena gak perlu membeli bass, tetapi cukup gitar kopong yang murah saja sudah cukup.
Guitaris Handal


Untuk bermain gitar kamu harus siap merasa agak sakit pada ujung jari kiri kamu, karena akan digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari kita menjadi kapalan maupun melendung baik jari di tangan kiri maupun kanan. Untuk mendapatkan sesuatu kamu memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.

Jika kamu berencana untuk kursus sebaiknya kamu jangan ikut kursus sebelum menguasai teknik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan kocokan /petikan pada fret gitar. Jika kamu belum menguasai hal itu kamu hanya akan memperlama masa kursus kamu yang akan menghabiskan uang dan waktu kamu.

agar menghemat biaya kamu dapat belajar pada teman, saudara atau tetangga yang kamu kenal baik dan dapat barmain gitar. Jika gak ada yang dapat bermain gitar maka kamu harus belajar otodidak alias belajar sendiri.
Belajar Gitar


Yang diperlukan untuk belajar gitar sendirian :
- Gitar akustik atau gitar elektrik
- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar
- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu
- Kemampuan stem atau menyetem gitar

Untuk memulai latihan kamu harus menyetem gitar kamu terlebih dulu agar suara 6 senar gitar dapat harmonis dan tepat. Jika gak distem maka kamu gak akan dapat belajar, karena suaranya gak mungkin pas. Untuk stem gitar kamu dapat minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting. Untuk masalah stem gitar kamu dapat mencari buku panduan bermain gitar di toko buku.

Jika kamu mau stem sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang barus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah. kamu harus menggunakan filing kamu apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika gak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas.

Jika sudah OK, maka selanjutnya kamu tinggal mencoba gonjreng pada kunci stkamur sampai jari kamu kamu terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sedapat mungkin berdasarkan filing kamu.

Jika sudah dapat maka kamu dapat mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya. Namun syaratnya adalah steman pada gitar kamu sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah juga benar sesuai dengan yang di kaset dan gitar kamu.
Jika kamu sudah agak lancar kamu dapat melanjutkan ke kursus atau inovasi sendiri (improvisasi) belajar hal-hal lainnya dari buku mapun kenalan kamu. Jika sudah menguasai, maka selanjutnya kamu dapat membentuk grup band kamu sendiri bersama orang lain yang dapat memainkan alat musik lainnya

Di biasakan membeli Kaset CD yang Ori karena kwalitas suaranya lebih baik dan komplit sampul Album
Terima Kasih telah berkunjung ke Blog Musik Playlistindo jika ada link download yang mati mohon komen di bawah link download mp3 akan segera di perbaiki maturnuwun.
LIKE & SHARE

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Tips Bermain dan Belajar gitar"

  1. good articel, please visit www.e-musiccorner.blogspot.com, i hope you enjoy,:)

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 17, 2011

    gan share dong cara cara belajar piano / kibord

    ReplyDelete
  3. Sabar ya ....Dalam Proses

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. awalnya Susah Mbak klau udah Bisa Pasti lincah

      Delete

Music Playlist indo tanya jawab? Silahkan Berikomentar Postingan Band diatas, tolong jangan Komen yang singkat dan Spam karena akan dihapus, beritahu kami apabila ada Link yang tidak berfungsi lagi Terima kasih